Kamis, 10 November 2011

Enam Langkah Cara Belaiar Efektif

1. Memotivasi Pikiran
Pikiran harus berada pada kondisi puncak. Artinya, Anda
harus santai, percaya diri, dan termotivasi. Bila merasa stres
atau kurang percaya diri atau tak bisa melihat apa pentingnya
mempelajari subyek itu, Anda tak akan bisa belajar dengan
baik.
Merniliki sikap yang benar dalarn mernpelajari sesuatu
merupakan syarat awal yang mutlak. Anda harus memiliki
keinginan mempelajari pengetahuan atau keahlian baru
tersebut. Anda Harus memiliki rasa percaya diri marnpu
PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com
mempelajari hal itu, dan bahwa informasi yang diperoleh akan
merniliki pengaruh yang berguna dalarn hidup. Dengan kata
lain: lihatlah manfaat pribadi dari investasi waktu dan energi
Anda. Pikirkanlah, "Apa manfaatnya bagiku?" Seperti
dikatakan Sir Christopher Ball, Direktur Pendidikan dari Royal
Society for the Encouragement of Arts, Manufactures, and
Commerce (RSA) yang bergengsi: "Tiga faktor paling penting
dalarn belajar adalah motivasi, motivasi, dan motivasi."
2. Mempelajari Informasi
Anda harus mempelajari dan menyerap fakta-fakta dasar dari
subyek pelajaran tersebut dengan cara terbaik, sesuai
preferensi indera belajar Anda.
Walaupun ada strategi-strategi belajar pokok yang harus
dijalankan semua orang, ada juga perbedaan-perbedaan kund
di mana kita secara pribadi perlu untuk melihat, mendengar,
atau terlibat secarafisik dalarn proses belajar. Dengan
mengidentifikasi kekuatan-kekuatan Visual, Auditori, dan
Kinestetik, Anda akan marnpu melaksanakan berbagai jenis
strat6gi untuk bisa memperoleh informasi lebih mudah dari
sebelurnnya.
3. Mencari Arti
Untuk bisa memasukkan informasi ke dalam ingatan
permanen, Anda harus mencari implikasi dan artinya -
pengertiannya secara keseluruhan - dengan meneliti materi
pokok subyek tersebut dengan seksama. Ada perbedaan
besar antara mengetahui dan benar-benar mengerti sesuatu.
PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com
Mengubah fakta-fakta menjadi pengertian pribadi adalah
elemen inti dalam proses belajar.
Sering sekali kita berusaha menghafal informasi supaya bisa
dikeluarkan pada saat ujian, agar bisa lulus dengan baik,
tanpa benar-benar berusaha mengerti apa arti informasi itu
sesungguhnya. Fakta tidak membutuhkan banyak interpretasi.
Karena itulah ujian pilihan ganda merupakan metode ya:ng
sangat lemah. Metode ini hanya menguji perolehan fakta, dan
tidak menguji apakah Anda telah membentuk pengertian
pribadi Anda sendiri dari fakta-fakta tersebut.
Sebagai contoh, Anda tidak harus mengerti bahwa Paris
adalah ibukota Perancis - Anda hanya harus mengingatnya.
Hal ini merupakan hasil belajar tingkat rendah.
Tak ada orang yang akan memberi gaji yang besar kepada
Anda hanya karena Anda "menguasai" tipe keahlian ini.
Dengan cara yang sama, mengetahui bahwa Revolusi
Perancis terjadi tahun 1789 adalah faktual. Tapi mengerti
mengapa Revolusi Perancis penting dan bagaimana hal.
tersebut mempengaruhi sejarah Eropa dan Amerika,
membutuhkan interpretasi. Dengan begini Anda perlu bereaksi
terhadap sebuah hutan informasi dan memahami hal tersebut.
Keahlian macam inilah yang dibayar mahal oleh dunia.
Perbedaan antara menernukan fakta dan "membuat arti"
adalah hal yang membedakan proses belajar yang dangkal
dan yang dalam.
Mengubah fakta menjadi pengertian adalah hal yang harus
dilaksanakan oleh delapan intelegerisia Anda. Tiap-tiap
PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com
intelegensia adalah sebuah sumber daya yang bisa Anda
peroleh sementara Anda menjelajah dan memahami faktafakta
dari subyek masalah.
4. Memicu Ingatan
Seringkali ada sejumlah besar hal yang harus diingat dalam
sebuah subyek. Kini tugas Anda adalah memastikan bahwa
pokok-pokok masalah tersebut terkunci dalam ingatan jangka
panjang Anda.
Aplikasikan semua langkah-langkah sebelunmya dengan
seksama sehingga subyek tersebut telah benar-benar Anda
pahami. Lalu pastikan juga untuk "menguncinya" sehingga
Anda bisa mengingatnya kembali sesuai kebutuhan.
Ada banyak teknik mengingat yang diperinci dalam bab
khusus yang membahas cara pencarian arti (pokok ke 3).
Antara lain digunakan asosiasi, pembuatan kategori, membuat
cerita, akronim, kartu pengingat, peta belajar, musik, dan kilas
balik.
5. Menunjukkan Apa yang Anda Ketahui
Bagaimana Anda tahu telah benar-benar memaharni apa yang
Anda. pelajari? Pertama-tama, ujilah diri sendiri. Buktikan
bahwa Anda mengenal subyek tersebut secara lengkap,
bahwa Anda memiliki pengetahuan yang dalam, bukati hanya
di permukaan.
PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com
Lebih baik lagi, cobalah saling berbagi informasi dengan mitra
belajar atau'teman studi'. Latihlah sebuah presentasi dalam
pikiran, atau di atas kertas, dan kemudian cobalah
mengajarkan hal tersebut. Seringkah Anda berpikir telah
mengerti sesuatu, tetapi ternyata tak bisa menjelaskannya
kepada orang lain. Bila bisa "mengajarkannya", Anda.
menunjukkan benar-benar memahan-d hal itu. Anda tidak
hanya tahu - tapi "menguasainya".
Menggunakan kelima langkah-langkah ini harus menjadi
sebuah kebiasaan. Tapi untuk bisa melaksanakannya dengan
benar, Anda harus berlatih berulang-ulang. Anda harus secara
aktif mencari situasi-situasi di mana Anda bisa
mengimplementasikan langkah-langkah ini dan menguji diri
Anda.
6. Renungkan Cara Anda Belajar
Anda perlu merenungkan pengalaman belajar Anda. Bukan
merenungkan apa yang telah di pelajari, tapi bagaimana
mempelajarinya. Pelajaran-pelajaran apa yang bisa di tarik
untuk kah selanjutnya?
Kebanyakan orang menggunakan hanya sepotong kecil dari
kapasitas otakmereka....
Pada langkah ini telitilah proses belajar Anda dan ambil
kesimpulan mengenai teknik-teknik dan ide-ide apa yang
paling berhasil untuk Anda. Lama kelamaan, pendekatan
belajar Anda akan semakin berkernbang, dan otak Anda yang
unik akan terbiasa melakukannya. Dan Andalah yang akan
PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com
mernegang kendah - Anda menjadi seorang pelajar yang bisa
mengurus diri sendiri.
Langkah akhir dari tahap belajar Anda adalah berhenti,
merenung, dan bertanya pada diri sendiri:
• Bagaimana jalannya tugas belajar?
• Bagaimana cara agar tugas ini bisa berjalan lebih baik?
• Apa arti sernua ini untukku?
Inilah yang pada kenyataannya merupakan langkah akhir dari
"siklus belajar." Mengulang kembali dan merenungkan
pengalaman belajar Anda bisa membantu mengubah sernua
penghalang yang menjatuhkan menjadi sebuah batu loncatan.
Anda bisa. meninggalkan ide-ide yang tidak berhasil dan
mencoba ide baru lainnya. Anda bisa. memulai pelajaran
selanjutnya dengan berpijak pada analisis pribadi.
Hasilnya, Anda akan menemukan metode belajar yang paling
baik bagi Anda sebagai individu yang unik. Anggaplah potensi
Anda yang sebenarnya seperti sebuah kombinasi kunci.
Sekah mengetahui kornbinasi intelegensia pribadi dan
preferensi belajar Anda, potensi belajar yang sesungguhnya
akan mengalir keluar.
Hal ini pernah dikatakan oleh Brian Tracy: "Teknik-teknik
Proses Belajar Cepat n-drip dengan program master pada
sebuah
PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com
komputer. Teknik-teknik tersebut bukanlah programnya
sendiri, tapi Anda bisa menjalankan sernua program lain
dengan menggunakan teknik-teknik tersebut. Teknik-teknik ini
merupakan alat yang Anda gunakan untuk mencapai tujuan
Anda dengan lebih cepat dan dengan kepastian keberhasilan
yang lebih besar."
Kebanyakan orang menggunakan hanya sepotong kecil dari
kapasitas otak mereka, bukan karena tidak memiliki kapasitas
tersebut, tapi hanya karena mereka belum diajari bagaimana
cara menggunakan apa yang sebenarnya mereka miliki.
Bab selanjutnya akan memaparkan bagaimana menjadi
seorang master sejati atas pikiran Anda.
PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar